Selasa, 23 Desember 2008

Networking Tutorial

. Selasa, 23 Desember 2008

Apakah Jaringan?

Sebuah jaringan komunikasi atau jaringan adalah sebuah sistem interkoneksi perangkat komunikasi yang dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagi informasi. Oleh karena itu jaringan komputer dapat didefinisikan sebagai:

Sebuah sistem di mana lebih dari satu komputer atau banyak komputer yang saling bersama, berkomunikasi satu sama lain dengan bebas dan berbagi informasi disebut jaringan komputer.

Sebuah jaringan dapat internal untuk suatu organisasi atau span dunia itu sendiri dengan menghubungkan ke internet. Dalam komputer jaringan, jaringan sistem operasi yang digunakan adalah kontrol dan co-ordinates kegiatan komputer yang terhubung ke jaringan. Sebagai contoh, sistem operasi ini adalah: jendela NT, UNIX, Novell dan lain-lain

Jenis Jaringan

Jaringan dari tiga jenis. Ini adalah:
  1. Local Area Network (LAN)
  2. Wide Area Network (WAN)
  3. Metropolitan Area Network (MAN)
Local Area Network

Sebuah jaringan area lokal merupakan sistem jaringan di mana komputer yang saling di wilayah geografis yang terbatas, seperti jaringan komputer kampus di laboratorium komputer atau jaringan komputer di kantor bangunan dll

Wide Area Network

A wide area network adalah sistem jaringan yang mencakup wilayah geografis yang besar seperti kota atau negara dari negara-negara lain di dunia. Dalam WAN saluran telepon, satelit, microwave, dll serat optik digunakan sebagai media transmisi.

Metropolitan Area Network

A Metropolitan Jaringan adalah sebuah sistem jaringan yang mencakup area satu kota. Biasanya, MAN menghubungkan lebih dari satu LAN di sebuah kota atau kota dan mencakup wilayah geografis yang lebih kecil daripada WAN. Kabel televisi, telepon perusahaan atau perusahaan lokal menggunakan MAN.

0 komentar:

 

© Copyright 2007-2008. TIPS TRIK by Tips belajar SEO Blog Tutorial